sekarang tahun 2014 apa 2015?

begitulah pertanyaanku saat aku terbangun dari tidurku barusan. aku kebingungan dengan angka tahun ini. dan entah kenapa aku sangat ingin tahu. padahal biasanya saya sangat acuh dengan angka-angka semcam tanggal, bulan dan tahun. bodoh amat dengan angka-angka itu. ah, namun, keingintahuanku sangat mengganggu. oia, sebenernya sekarang tahun berapa??

cukup sulit mengingat angka tahun. saat ia menghilang dari otak kita, kita tak dapat mengetahuinya. butuh merakit sisa-sisa ingatan lain lalu menganalogikan pada sesuatu yang cukup logis barulah otak ini dapat menyebutkan deretan 4 biji angka. yah, aku menyangka tahun ini adalah tahun 2014. semoga tebakanku kali ini benar.

angka 2014 cukup ganjil, sejak kapan tahun ini menjadi 2014?. akhhh…., sepertinya hari ini hari kelulusanku. aku akan kuliah di UGM. minggu depan adalah pendaftaran SPMB. iya, benar, saat ini adalah tahun 2007. ah, bukan, bukan tahun 2007. tapi suatu tahun dimana tak terlalu jauh dari tahun kelulusan. iya. pasti itu. entahlah, kurasakan kehampaan. penolakan. cibiran. kekalahan. tersingkirkan. iya, kurasakan saat ini. dan nama itu adalah, ah, siapa dan kenapa. suasana ini sangat kuat mempengaruhiku. aku mulai merasakan sesuatu. ketidakadaan seseorang yang meninggalkan ruang yang cukup membuat hati ini kosong. ya, seseorang yang sempat mengisi semua ruang hati ini. akkhh…, hati? WTF hati??

bukan hati, tapi semacam ruang yang ia dapat terasa terisi dengan sesuatu yang dingin, sejuk saat ada seseorang yang tersenyum. iya, senyuman itu. aku mulai ingat. senyuman lembut setengah tersipu. iya, aku ingat. aku sekarang mulai ingat. aku begitu ingat, kenapa orang ini ada di depanku. kenapa senyuman lembuatnya begitu menyesakkan ruang ini. kenapa? kenapa… ?? ruang yang aku rasakan kosong kini begitu menyesakkan. begitu sangat sempit dan mencekik. aku hanya mampu mengingat senyuman itu. aku ingat semuanya. aku tahu. iya, aku tahu segalanya. akulah orang yang mereka anggap tak punya rasa. akulah yang tersisih diantara putra-putra para pemilik singasana. akulah, iya akulah!!. yang kini rasakan lembutnya senyuman manis itu. senyuman yang perlahan menghilang menjadi gigil dinginnya doa-doa malam.

aku yang kehilangannya.

besok, aku akan berangkat ke cilegon. mencari uang. disana aku akan menjaga tokonya paman saya, ‘ali ‘imran al-azmy. 2 tahun insyaAllah cukup untuk biaya kuliah di UGM. paling tidak aku bisa bayar pendaftaran disana. urusan lain, biarlah urusan Allah, ikhtiarku belum cukup untuk menghitung biaya-biaya lainnya. oia, testnya bagaimana? gampang, semua buku-buku smaku akan aku bawa semuanya. yang terpenting adalah buku2 mipa, kalau bahasa bisa beli disana.

alhamdulillah, akhirnya aku ingat, sekarang tahun 2007 bulan agustus tanggal 16. semoga perjalanan besok membawa berkah. semangat!! 🙂

Leave a Reply

