mengenal jaringan, edisi ip4!

mungkin ini bakalan paling berat dari semua edisi yang pernah dibahas sebelumnya. langung ke table saja deh. males saya ngoceh pagi ini.

format header

Version

di isi dengan 4 karena memang IP4. hehe…

IHL

panjang header. dengan 1 representasi dari 32 bit. nilai minimum adalah 5 yaitu ada 20 byte yang berisi header tanpa option di atas. jadi, dengan IPv4 dan panjang header 5 maka untuk byte pertama berisi 45.

DSCP dan ECN

Saya kurang mengerti pada byte ini. Mohon jika ada yang mengerti, kasih tau saya. kalau saya di nolin saja.

Total Length

Ini panjang header dengan data. minimal berisi nilai 20, dengan 20 byte header dan 0 byte data.

Identification

ini semacam id dari paket ip yang bersangkutan. dengan Identification yang sama dalam beberapa paket pesan maka akan diindentifikasi bahwa beberapa paket tersebut adalah satu paket yang cukup besar yang dipecah(terfragmentasi).

Flags

ada tiga flag dalam 3 bit ini. yaitu bit kedua adalah “Don’t Fragment”. ini untuk menandakan bahwa boleh atau tidaknya paket yang bersangkutan untuk dipecah. untuk paket yang tidak diijinkan dipecah, bit ini akan diisi dengan 1.

bit ketiga adalah untuk “more fragments”. dimana berfungsi sebagai penanda dari ada tidaknya paket yang masih 1 Identification. jika bit ini di set(1) maka menandakan bahwa paket tersebut masih memiliki paket pecahan lain. bit ini akan selalu diset kecuali paket terakhir yang harus bernilai 0. untuk paket tunggal maka bit ini di reset(0).

Fragment Offset

ini untuk penomoran paket-paket yang terpecah-pecah. 1 nomor dari byte ini bernilai 8 byte. jadi jika pada paket kedua adalah byte ke 81 dari paket sebelum dipecah maka nilai dari ofset ini adalah 9.

Time to Live

biasanya diisi dengan 0x80 atau 128. untuk paket terpecah2, maka nilai ini di decrement.

Protocol

Byte ini berfungsi untuk menandai protocol apa yang akan digunakan. Sebagai contoh, untuk paket dengan protocol UDP maka byte ini diisi dengan 17.

Header Checksum

verifikasi bahwa header paket ip tidak dimodifikasi.

Source IP Address dan Destination IP Address

ini untuk menentukan paket ini untuk siapa?. jadi sebenernya, semua komputer menerima paket ip. namun, penerimalah yang memilah paket itu miliknya apa bukan.

 

Note:

untuk paket yang akan dipecah, header yang memiliki option atau nilai IHL>5 maka cukup/hanya paket pecahan pertama yang memiliki option sedangkan paket-paket pecahan kedua dan selanjutnya tidak memerlukan option header.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s