composer, git dan laravel: ketiga tools ini penting untuk ngehosin laravel.

mungkin kejadian ini sangat bodoh. tapi, saya harus menulisnya di sini karena mungkin akan sangat berguna bagi saya nantinya. sebatas hanya sebuah catatan. mengingat saya memang orangnya pelupa.

saya menggitin sebuah project ke github. projectnya saya bangun dari laravel5. nah, di laravel ini memang sudah ada config2 untuk versioning dengan gitnya. beberapa banyak di set ignore, terutama pada folder vendor. tentu termasuk dengan autoloadnya. 😀 di sini lah yang membuat saya sedikit terkecoh.

saya hanya ngeclone dari github untuk install laravelnya. tanpa menginstall dari composer. selesai di clone ternyata saya kebingungan karena menampilkan blank page. nah, saya kira masalah permissionnya. saya otak atik dengan chown dan chmod. keduanya tidak berpengaruh sama sekali.

usut punya usut, ketika saya coba tampilin errornya dari public/index.php, maka saya menemukan sebuah error gak bisa ngeload autoload.php. nah, saya jadi yakin karena belum ada apa2nya. 😀 pasti hanya code saya yang tersedia ini. :-#

langkah solusinya hanya install composer lalu jalankan composer install pada root projectnya. udah, beres. 😀 gitu aja.

oia, ada orang kenalan barusan, saya catet di sini nama2nya. takutnya besok saya sudah lupa namanya. 😀

hendra tinggi, baju hijau dan pakai kacamata, tias yang saya ledekin mirasih(modus biar inget sama namanya), dan mega yg berkerudung.

Leave a Reply

