Tutorial Integrasi C++/Qt5 dengan QML.

pagi ini saya bermain-main dengan QML untuk menampilkan data. mungkin sebagian belum familiar dengan QML. yang tidak tahu, boleh cari info di google. gak apa-apa. bukan ilmu agama yang mengharuskan bersanad. cayoo…

QML itu semacam css3. cuman gak pake div-div-an.  kalau mau belajar, sedikit saja. saya kira yang suka ngoprek tampilan akan jatuh cinta.

kali ini saya hanya mau membahas bagaimana untuk mengintegraskan antara QML dan C++. mainset utamanya adalah, C++ menngontrol QML, QML memberikan signal pada C++. jadi bukan signal-slots secara penuh layaknya antar object di C++.

tahap persiapan. buat project untuk membuat qwidget. buat file resource/qrc. lalu buat file qml baru, masukkan ke qrc.

tahapan selanjutnya:

QQuickView * qml = new QQuickView();

QWidget * wid = QWidget::createWindowContainer(qml, this);

qml->setSource(QUrl(“qrc/namaqmlnya.qml”));

QObject * rootQml = qml->rootObject();

QVBoxLayout *ly = new QVBoxLayout(this);

ly->addWidget(wid);

this->setLayout(ly);

nah, kita sudah punya objek qml, wid, dan rootQml. rootQml inilah yang nantinya akans sering kita pakai. cayoo…

saya ngoding dulu ya. saya tinggal dulu. nanti semoga sempat dan “kenceng” saya update lagi. 😀

Leave a Reply

