Linux, Open Port Serial Without root permission.

terkadang kita membuat aplikasi di linux yang memiliki modul yang membutuhkan hak akses membuka port serial. namun, karena secara default, user biasa di linux tidak memiliki hak akses untuk membuka port  serial port, maka kita diharuskan untuk menambahkan sudo atau gksudo pada shotcut aplikasi kita. cara ini sangat berguna. saya juga lama menggunakan cara ini. kelemahan cara ini adalah, kita akan selalu diminta memasukkan password setiap membuka aplikasi kita. sungguh sesuatu yang sangat tidak nyaman. apalagi aplikasinya akan di deliver ke customer kita.

ternyata ada cara lain yang menurut saya lebih baik. yaitu dengan mendaftarkan user linux-nya ke group dialout. commandnya sebagai berikut:

sudo usermod -a -G dialout usernamelinuxnya

lanjutkan dengan ritual seperti biasa, yaitu logout dan login. lalu, coba buka aplikasi buatan kita, insyaAllah akan bisa membuka port serial tanpa harus menggunakan akses root. 🙂

QT5, Mengatasi “QMYSQL driver not loaded”

  1. cd /opt/Qt5.6.0/5.6/gcc_64/plugins/sqldrivers
  2. ldd libqsqlmysql.so
  3. jika ktemu “libmysqlclient_r.so.16 => not found“, pindah ”
    cd /usr/lib/x86_64-linux-gnu"
  4. cp libmysqlclient_r.so.18 libmysqlclient_r.so.16
  5. ulangi langkah 1 hingga 2, jika ketemu “libssl.so.10 => not found”, lanjutkan ke langkah 3. lalu, “sudo ln -s libssl.so.1.0.0 libssl.so.10”.
  6. ulangi langkah 1-2, jika ketemu “libcrypto.so.10 => not found”, lanjutkan ke langkah 3, lalu, “sudo ln -s libcrypto.so.1.0.0 libcrypto.so.10”.

sekian terima kasih. semoga membantu. 🙂

menginstall openCV untuk Qt di Windows 7 dengan Mingw dan CMake

Assalamu ‘Alaikum.

kali ini saya ingin berbagi cara menginstall OpenCV untuk Qt. Kali ini saya menginstall di Windows 7 menggunakan Mingw dan CMake.

kebutuhan minimum:

1. telah terinstall Qt dengan paket Mingw.

2. telah terinstall CMake.

3. telah mendaftarkan path

C:\Qt\Qt5.3.2\5.3\mingw482_32\bin

C:\Qt\Qt5.3.2\Tools\mingw482_32\bin

C:\Qt\Qt5.3.2\Tools\QtCreator\bin

C:\Program Files\CMake\bin

“silahkan sesuaikan sendiri dengan yg ada di PC anda”.

4. Extract OpenCV. akan terdapat folder build dan source.

5. buat folder baru pada folder opencv dengan nama release.

6. buka CMake, lalu jelajahi folder source(for source) dan realese(for build).

7. klik configure. tunggu hingga proses selesai. lakukan configure kembali apabila pada list parameter masih ada yg berwarna merah. jika semua list parameter telah putih semua, maka setting  beberapa point berikut:

WITH_QT= centang [true]

CMAKE_BUILD_TYPE=Release

“jika kesulitan mencarinya, gunakan kotak pencarian”

8. klik configure hingga tidak ada parameter yg masih merah.

9. lalu klik generate. pilih compiler gcc dan g++. keduanya ada di C:\Qt\Qt5.3.2\Tools\mingw482_32\bin.

10. penggunaan CMake selesai. lalu tutup.

11. buka cmd. pindah ke folder release.

12. jalankan perintah: mingw32-make. akan memakan waktu yg cukup lama. tunggu hingga proses selesai.

13. jalankan perintah: mingw32-make install. tunggu hingga proses selesai.

14. tambahkan folder opencv/release/bin ke path system.

15. Done!

 

note:

untuk penggunaan di Qt, perlu ditambahkan baris berikut pada file .pro kita.

INCLUDEPATH += C:\opencv\release\install\include

Dinamic Deploy Qt5.3

halooo…., setelah berbulan-bulan saya ingin sekali men-deploy aplikasi yang saya bikin di Qt5.3 akhirnya beberapa hari lalu saya berhasil. hehe…., jangan ketawa! saya emang lama sekali untuk bisa. mungkin karena saya  tidak memiliki referensi yang cukup, yah…., begitulah. 🙂

berhubung ini sesuatu yang sangat mahal bagi saya, maka saya lebih baik di simpan di blog ini.

untuk ngetest, saya gunakan file contoh yang berikut ini:

Qt5.3

oke, release dan running dulu. selanjutnya buka tempat projec tersebut.

 

Qt5.3

 

kalau sudah  tampil sebagai berikut, buka folder sebelahnya. folder releasenya.

Qt5.3

folder yang saya maksud adalah sebagai berikut, tempat folder exenya.

 

Qt5.3

 

nah selanjutnya menambahkan file yang di butuhkan. file tersebut adalah apa2 yang ada di folder berikut:

ngambil dari folder C:\Qt\Qt5.3.0\5.3\mingw482_32\bin:

icudt52.dll

icuin52.dll

icuuc52.dll

libgcc_s_dw2-1.dll

libatdc++-6.dll

libwinptrhed-1.dll

Qt5.3

 

 

mengambil dari C:\Qt\Qt5.3.0\Tools\QtCreator\bin,

D3DCompiler_43.dll

libEGL.dll

libGLESv2.dll

 

 

 

 

 

Qt5.3

 

selanjutnya kembali ke C:\Qt\Qt5.3.0\5.3\mingw482_32\bin

copy file QtCore.dll, QtGui.dll, QtWidgets.dll. 🙂

 

 

 

7

 

selanjutnya bikin folder platforms, trus copy file qminimal.dll dan qwindows.dll dari folder C:\Qt\Qt5.3.0\Tools\QtCreator\bin\plugins\platforms.

 

8

 

nah, kalau sudah dilakukan ritualnya maka silahkan copy folder percobaannya ke komputer lain. jalankan  application.exe-nya. kalau jalan laporan di komentar, masak saya ngeblog dari tahun alif jarang banget ada yang komentar.