belajar seumur hidup

tentang otak. hidup. bernafas. kadang kentut. kadang berjalan. kadang cerdik. kadang sopan. semua itu representasi dari apa yang terdapat dalam otak kita. sedianya mungkin otak membutuhkan apa yang menjadi objeknya, tapi otak adalah power of control. atau kita sebut saja otak adalah hakekat dari sesuatu yang hidup dalam kehidupan ini.

selanjutnya, apa yang menjadi modal utama dari otak?

Advertisements

memanggil form lain di android

1. buatkan dulu kedua class formnya

2. anggep form yang mau manggil adalah frmPemanggil dan yang mau dipanggil adalah frmTerpanggil.

3. maka caranya adalah membuat intens frmTerpanggil saja. hehe…

4. jadi bakalan terlihan seperti berikut

Intent  i = new Intent(FrmPemanggil.this, FrmTerpanggil.class);
startActivity(i);
finish();

 

nah, coba saja sendiri ya. hehe…

membaca paper yang menyiksa

padi ini harus menyelesaikan target bacaan paper 8 biji lalu merangkumnya. itu harus. iya, bukan keinginan sendiri memang. diwajibkan sama dosen. nanti sore harus sudah dikumpulkan. terasa saya menjadi orang yang aneh. semaleman melototin paper berbahasa inggris. padahal saya tidak begitu bisa menggunakan bahasa ingris. jadinya saya seakan-akan sedang bertapa di mushollah dengan gaya modern. ngadep ke barat, konsentrasi namun ada leptop di depannya.

kegiatanku hari ini aku pangkas habis semua. demi nilai yang baik, saya rasa sebanding dengan usaha yang saya lakukan.

sesekali ada orang lewat depan rumah, lalu duduk di teras mushollah. mungkin mereka merasa aneh dengan pertapaanku, biasanya mereka nyeletuk dengan sapaan-sapaan yang berbeda juga. “sedang memantau cong??”,  “sieehh…, mak abered e…”, “pola nenggu essena dompetta oreng??”. atau apalah sapaan-sapaan nyeleneh mereka, sesuai dengan apa yang mereka bayangkan, mungkin. hehe…

baru saja mushollah ini ditinggalkan oleh obrolan ngawur 2 orang tetangga saya. 1 tukang ojek, satu penebus padi, ah, penebus padi, apa ya bahasa indonesianya. mungkin lebih tepat tengkulak, semoga saja “tengkulak” satu dari kosakata bahasa indonesia. :-). oia, cerita obrolan 2 orang itu. obrolan yang F sekali. bagaimana tidak, ternyata mereka memikirkan ide-ide yang terlalu gila untuk sebuah leptop. beberapa diantanya adalah satu orang bilang, “mun ngetik nyamah neng leptop epalengkap, bisa etangaleh oreng ruah bede dimmah, ano apah, omor berempah, lakonah apah, pegawai negri apa enjek, iyeh, percajeh ben, satea canggih sarah lah”. temen ngobrolnya menimpali, “masak bisah de’iyeh, dek remmah caranah?”. “beh, gempang jieh la.., kor la bede leptoppa ra lah”. “iyeh ngara, jek engkok ruah pan bile’nah pernah nangaleh leptop kiya neng kantor polisi, nyaman satea polisi gun neng kantoran malolo, gun negguk leptop egeji”. “beh iyeh, tekka’ah essena dompettah be’en moslem tao berempah essenah, jek la andik leptop”. “iye ta cong?”. si tukang ojek malah membebankan pertanyaan berapa isi dompetnya dilihat dari leptop saya. hadoh…, dengan pelan dan tidak ingin membuat mereka kecewa, saya bilang tidak bisa. nampak satu orang yang menggagas ide gila ‘sepertinya’ kecewa. satunya lagi malah gak percaya dengan pernytaan saya kalau leptop tidak bisa melihat isi dompet. 😐

perbincangan kedua tetanggaku tetap berlanjut. makin seru menjelaskan ‘leptop’ itu apa. mereka ternyata memiliki deskripsi masing masing. mulai leptop sebagai penunjuk arah. mencari barang hilang(mungkin maksud mereka mbah gugel). tempat membuat hape. ada yang bisa buat undangan juga. ada yang buat menebak penyakit. dan ternyata hayalan mereka cukup dekat dengan kecanggihan tingkat tinggi. bahkan melebihi dari bayangan saya tentang leptop.

sepertinya mereka mulai bosan dan ingin pergi dari mushollah. sebelum mereka pergi terdapat perbincangan menyesatkan yang tidak sengaja saya lakukan. salah satu bertanya, “dompet saya isinya berapa?”. “tiga rebu” jawab saya iseng, malah satunya lagi ngaku, “loh, itu bukan dompet dia, tapi dompet saya”. hah??, salah dompet??. “15 rebu” jawab sekali lagi sebgai pemuas keinsengan. “loh, bener, uang saya 15 rebu”. ups??!! :tepokJidat

bisa ngoding + blogging aja sudah seneng

assalamu’alaikum…,

wah, kali ini saya bangun kesiangan. jadi badan pegel-pegel semua. padahal tadi malam saya tidurnya sudah cukup sore. jam 10 sudah tiduran. mungkin karena beberapa ini stress mikirin kakak sama adik kali ya. au’ ah, hemm…

bangun tidur langsung ke kamar mandi, ambil wudu’ lalu sholat subuh. mau tak sekalian sholat dhuha, tapi serasa gimana gitu kalau langsung rangkap dengan dhuha. jadi, rada siangan lagi dah sholat dhuhanya.

abis sholat, langsung buka leptop, lalu liat facebook, yang kebetulan emang lupa saya logoff sedari tadi malem. gak ada yang aneh, biasa-biasa saja, hanya beberapa pemberitahuan dan beberapa pesan dari teman. secara keseluruhan tidak ada yang istimewa. pesan-pesan yang masukpun hanya pesan tanggapan dari sapaan ku beberapa hari lalu.

kepikiran untuk mandi. rasa-rasanya kalau mandi lumayan keren. ah, males. dingin. masih melototin facebook. scrol ke bawah. mencari sesuatu yang menarik. kadang ketika melihat status temen, saya suka pengen komen. banyak sekali yang ingin saya komentari. tapi biasanya batal semuanya. hanya sebagian yang saya tidak urungkan. maklum, pas mau komentar biasanya saya inget, nanti bakalan di tanya gak ya sama malaikat?? hehe…, mainset ustad sepertinya ada di otak saya. jadi, beberapa saya urungkan.  :). namun, kadang saya menemukan hal unik. ini yang susah untuk dibendung. otak usil, kadang lebih mengusai. seperti barusan, ada temen yang update status yang bilang selamat datang bulan februari yang disambut dengan UAS. lalu tag beberapa temen yang lain, mujur saya tidak kena tag, emang gak gitu kenal sih, lalu ada yang unik, dia malah nulis, hahahahahahahah.., ??? coba, bilang selamat datang sama februari + UAS apa coba lucunya?? gak lucu, dan dia bener menggelitik ke tenanganku. dia ketawa…., coba kamu bayangin, ada orang bilang selamat datang bulan februari, trus dia ketawa, nah, loh, :spleketek.

selain aktivitas facebook, hal paling menyenangkan sebenernya di leptop ini adalah ngoding. bikin apalah. gak penting biasanya. mulai test sintaksis yang baru saya ketahui hingga mencoba bikin UML. it’s cool boyyyzz. <<merujuk ke stail agnes mo di nezakademi>> 😀

oia, UML itu ilmu baru. saya baru diceritain sama si Nurul, temen fb sama temen kampus dan rangkap sebagai temen konsultasi programming. UML itu semacam kita mau bikin program dan kita butuh rancangan awal, berbentuk diagram-diagram, nah, UML itu ya buat ngerancang program itu dah. hehe…, ma’af kalau blepotan jelasinnya. UML itu ternyata lumayan komplek dan jlimetin. apa ya, di UML itu, kita akan merancang class-class yang akan kita bikin, use case sistem juga di gambarkan dengan gamblang, proses alur sistem juga dibuat terlebih dahulu. lalu barulah kita ngoding. dengan begitu, kita seakan-akan hanya menuangkan algoritma yang terdapat pada UML kedalam teks-teks code sesuai sintaksis bahasa pemprograman yang biasa kita gunakan. jadi pas ngoding, kita tidak dibebankan pada algoritma dasar dari sistem kita. oia, sori ya kalau dalam penjelasan ini saya kurang tepat. hehe…, maklum, saya bukan anak TI. saya anak elektronika, hehe…, yah, walau begitu jangan nanyain tentang elektronika juga, saya juga gak paham-paham amat. :D.

ternyata akhir-akhir ini saya lebih senang dengan peprograman yang ada di komputer. enak sekali ngeprogram di komputer. serba library. beda sekali dengan kalau kita ngeprogram untuk mikrokontroller. kita hanya di kasi sintaksis sama daftar register. sebenernya disanalah letak seninya. tapi, mungkin karena akhir-akhir ini saya terjangkit penyakit malas, maka saya malah lebih senang dengan desktop programming. tapi, tak apa-apalah. yang penting saya senang saja. kan katanya hidup itu harus menyenangkan. jadi, selama kesenangan kita masih positif dan insyaAllah bermanfaat, ya enjoy saja…, tak mesti kita masuk ke area melatih/memaksa diri untuk positif. hehe….

hidup positif itu menyenangkan. itu jauh lebih simpel dari cara hidup yang lain. 🙂

sekarang tahun 2014 apa 2015?

begitulah pertanyaanku saat aku terbangun dari tidurku barusan. aku kebingungan dengan angka tahun ini. dan entah kenapa aku sangat ingin tahu. padahal biasanya saya sangat acuh dengan angka-angka semcam tanggal, bulan dan tahun. bodoh amat dengan angka-angka itu. ah, namun, keingintahuanku sangat mengganggu. oia, sebenernya sekarang tahun berapa??

cukup sulit mengingat angka tahun. saat ia menghilang dari otak kita, kita tak dapat mengetahuinya. butuh merakit sisa-sisa ingatan lain lalu menganalogikan pada sesuatu yang cukup logis barulah otak ini dapat menyebutkan deretan 4 biji angka. yah, aku menyangka tahun ini adalah tahun 2014. semoga tebakanku kali ini benar.

angka 2014 cukup ganjil, sejak kapan tahun ini menjadi 2014?. akhhh…., sepertinya hari ini hari kelulusanku. aku akan kuliah di UGM. minggu depan adalah pendaftaran SPMB. iya, benar, saat ini adalah tahun 2007. ah, bukan, bukan tahun 2007. tapi suatu tahun dimana tak terlalu jauh dari tahun kelulusan. iya. pasti itu. entahlah, kurasakan kehampaan. penolakan. cibiran. kekalahan. tersingkirkan. iya, kurasakan saat ini. dan nama itu adalah, ah, siapa dan kenapa. suasana ini sangat kuat mempengaruhiku. aku mulai merasakan sesuatu. ketidakadaan seseorang yang meninggalkan ruang yang cukup membuat hati ini kosong. ya, seseorang yang sempat mengisi semua ruang hati ini. akkhh…, hati? WTF hati??

bukan hati, tapi semacam ruang yang ia dapat terasa terisi dengan sesuatu yang dingin, sejuk saat ada seseorang yang tersenyum. iya, senyuman itu. aku mulai ingat. senyuman lembut setengah tersipu. iya, aku ingat. aku sekarang mulai ingat. aku begitu ingat, kenapa orang ini ada di depanku. kenapa senyuman lembuatnya begitu menyesakkan ruang ini. kenapa? kenapa… ?? ruang yang aku rasakan kosong kini begitu menyesakkan. begitu sangat sempit dan mencekik. aku hanya mampu mengingat senyuman itu. aku ingat semuanya. aku tahu. iya, aku tahu segalanya. akulah orang yang mereka anggap tak punya rasa. akulah yang tersisih diantara putra-putra para pemilik singasana. akulah, iya akulah!!. yang kini rasakan lembutnya senyuman manis itu. senyuman yang perlahan menghilang menjadi gigil dinginnya doa-doa malam.

aku yang kehilangannya.

besok, aku akan berangkat ke cilegon. mencari uang. disana aku akan menjaga tokonya paman saya, ‘ali ‘imran al-azmy. 2 tahun insyaAllah cukup untuk biaya kuliah di UGM. paling tidak aku bisa bayar pendaftaran disana. urusan lain, biarlah urusan Allah, ikhtiarku belum cukup untuk menghitung biaya-biaya lainnya. oia, testnya bagaimana? gampang, semua buku-buku smaku akan aku bawa semuanya. yang terpenting adalah buku2 mipa, kalau bahasa bisa beli disana.

alhamdulillah, akhirnya aku ingat, sekarang tahun 2007 bulan agustus tanggal 16. semoga perjalanan besok membawa berkah. semangat!! 🙂